Indera News
Identifikasi, Explorasi & Rasional

- Advertisement -

Tim Gabungan Densus 88 AT, Reskrimum dan Dit Intelkam Kep. Babel Berhasil Tangkap Terduga Teroris Yang Kabur.

0 480

INDERANEWS, BANGKA, INDERANEWS, Terduga teroris jaringan Jamaah Ansharut Daulah (JAD) berinisial AS (44) yang kabur dari Polda babel berhasil ditangkap oleh Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri. AS sempat melarikan diri dari ruang pemeriksaan Mapolda Babel pada Kamis (1/7) dini hari.

“Tersangka teroris yang melarikan diri berhasil ditangkap kembali oleh Densus 88 AT,” ujar Kabid Humas Polda Babel Kombes Maladi kepada wartawan, Selasa (6/7/2021).

Selain AS, Densus 88 menangkap 2 orang lainnya yang turut menyembunyikan AS. “Iya sekaligus ditangkap 2 orang yang ikut menyembunyikannya. Dibawa ke Polda Babel,” tutur Maladi.

Namun, Maladi belum membeberkan lebih lanjut perihal detail penangkapan AS serta identitas 2 orang yang menyembunyikan terduga teroris tersebut.

Bermula Terduga Teroris Melarikan Diri
Diberitakan sebelumnya, AS, yang ditangkap di Bangka Belitung, melarikan diri. AS awalnya ditangkap setelah dua terduga teroris DS dan SY tertangkap lebih dulu di Jakarta.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Inderanews, AS melarikan diri saat berada di ruang pemeriksaan Polda Babel pada Kamis (1/7) dini hari. Kapolda Bangka Belitung Irjen Anang Syarif Hidayat membenarkan terduga teroris jaringan JAD, AS, melarikan diri.

“Ya betul, memang kemarin pada waktu pemeriksaan ini yang bersangkutan melarikan diri dan saat ini dalam pengejaran sekaligus kita pengembangan, karena kan kerja teroris, kerja orang-orang seperti ini tidak kerja sendirian. Pasti ada juga orang-orang sekitarnya,” jelas Irjen Anang Syarif Hidayat lewat Kabid Humas Polda Babel, Kombes Maladi, yang diterima Inderanews, Jumat (2/7).

AS diduga kabur setelah diinterogasi hingga pukul 02.30 WIB, Kamis (1/7), oleh penyidik dan rencananya pemeriksaan akan dilanjutkan di pagi harinya. Di ruangan tersebut, AS dijaga empat anggota Satgaswil dengan kondisi kaki diborgol menggunakan rantai dan tangan diborgol.

Namun, sekitar pukul 03.30 Wib, anggota yang berjaga mengecek ke dalam ruangan ternyata yang bersangkutan tidak ada di tempat dan borgol rantai sudah lepas tertinggal di lantai. Petugas langsung melakukan penyisiran dan pengejaran yang melibatkan personel Satgaswil, Jatanras, dan Ditintel Polda di sekitar Polda.

CCTV juga sudah dicek dan diketahui yang bersangkutan melarikan diri sekitar pukul 03.00 WIB sesuai jam CCTV. AS disebut keluar melalui jendela dan kabur ke daerah belakang Polda.

KRONOLOGIS PENANGKAPAN KEMBALI AS PASCA MELARIKAN DIRI

Pada hari Senin tgl 05 Juli 2021pukul 21.00 Wib telah dilakukan penangkapan kembali terhadap TSK Teroris An. AS yg telah melarikan diri pada hari Kamis tgl 01 Juli 2021.

Berawal dari pembentukan tim gabungan untuk pencarian TSK dari Tim Densus 88 AT Mabes Polri , Satgaswil Densus Kep Babel, Dit Res Krimum, Dit Intelkam Polda Kep Babel untuk melakukan penyekatan di Desa Kace Kec Mendo Barat Kab. Bangka.

Melakukan Penggalangan Terhadap warga sekitar dalam melakukan penyekatan diketahui TSK terorisme akan melarikan melarikan diri Daerah Desa Kace ke Daerah Sungai Selan yang dibantu oleh orang terdekat TSK teroris dan diketahui bahwa TSK Teroris telah di fasilitasi berupa Uang, HP, Pakaian dan makanan serta disiapkan kendaraan untuk melarikan diri.

Kemudian Pada Tanggal 05 Juli 2021 sekira Pukul 21.00 WIB, TSK Teroris dilakukan Penangkapan Kembali beserta 2 (dua) orang lainnya dan dibawa ke Polda Kep Babel sbb :

AS Als Abu Rafa , Laki-laki, umur 44th,Islam, ditangkap TKP di Rumah Kontrakan Sdr. AG Alamat Jl. Desa Kace Tengah Kec. Mendo Barat Kab Bangka

S (41th) TKP di tangkap saat menonton Tsk Terorisme An. AS diamankan Oleh TIM di Desa Kace Tengah Kec Mendo RT. 01 Dusun II Barat Kab Bangka

A merupakan Adik Kandung AS , laki-laki, (23th) Pkpinang 28/04/1998 TKP Penangkapan di Rumahnya Alamat JI. Mentok Kel. Asam Kec. Rangkui, Kota Pangkal Pinang

Kedua TSK an. AP (23 tahun) dan TSK an. SH (41 tahun) yang turut membantu pelarian TSK terorisme tidak menutup kemungkinan terafiliasi terpapar dalam kelompok MIT (Mujahidin Indonesia Timur) di Prov. Babel. (Red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.