Indera News
Identifikasi, Explorasi & Rasional

- Advertisement -

Bangka Barat Tutup Tempat Wisata Selama Libur Idul Fitri

0 11

Inderanews, Bangka Barat, – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka Barat, Bangka Belitung (Babel) memutuskan untuk menutup seluruh destinasi wisata selama libur Hari Raya Idul Fitri. Tempat wisata yang dimaksud adalah Pesanggrahan Menumbing dan Kawasan Pantai Baturakit.

Kedua destinasi wisata tersebut dikelola oleh Pemkab Bangka Barat. Keduanya baru akan dibuka kembali pada Senin (17/5/2021), sesuai dengan Surat Edaran Bupati Bangka Barat Nomor 556/375/Disparbud/2021 tentang Penutupan objek wisata yang diterbitkan pada 10 Mei 2021 dan ditandatangani Bupati Bangka Barat, Sukirman.

Sekretaris Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Bangka Barat, Bambang Haryo Suseno mengatakan, kebijakan menutup dua destinasi wisata tersebut untuk mencegah terjadinya kerumunan dan potensi penularan Covid-19. Sebab kasus positif Covid-19 jenis baru di sana mengalami lonjakan dalam beberapa hari terakhir.

“Penutupan sementara destinasi wisata yang dikelola Pemkab Bangka Barat, yaitu Pesanggrahan Menumbing dan kawasan Pantai Baturakit Mentok. Ini merupakan langkah terbaik yang bisa dilakukan dengan pertimbangan jumlah kasus penularan virus corona jenis baru di daerah ini semakin meningkat,” kata Bambang, di Mentok, Kamis (13/5/2021).

Penutupan sementara dua destinasi wisata andalan di Babel tersebut juga sebagai tindak lanjut instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 10 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro yang salah satunya menyebutkan Provinsi Babel. Untuk saat ini, jumlah kasus COVID-19 di Kabupaten Bangka Barat mengalami peningkatan dengan sebaran hampir merata di seluruh kecamatan.

Dia berharap, langkah tersebut bisa ikut membantu menurunkan potensi penularan yang mungkin terjadi mengingat di hari penutupan sementara tersebut bertepatan dengan hari libur Idul Fitri 1442 Hijriah. Ketika nantinya kedua tempat wisata dibuka kembali, pengunjung diharapkan menjalani prokes ketika berada di lokasi.

“Kami berharap nanti pada saat destinasi wisata tersebut dibuka kembali, para pengunjung tetap menerapkan protokol kesehatan, minimal menggunakan masker dan menjaga jarak saat berada di lokasi,” katanya. (Red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.