Indera News
Identifikasi, Explorasi & Rasional

- Advertisement -

Babel Tak Luput Dari Berita Hoak

0 39

Inderanews, Pangkalpinang, Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, Hoaks mengandung makna berita bohong, berita tidak bersumber. Menurut Silverman (2015), hoaks merupakan sebagai rangkaian informasi yang memang sengaja disesatkan, tetapi “dijual” sebagai kebenaran. Hoaks bukan sekadar misleading alias menyesatkan, informasi dalam fake news juga tidak memiliki landasan faktual, tetapi disajikan seolah-olah sebagai serangkaian fakta.

Pangkalpinang yang merupakan Ibukota Prov. Kep. Bangka Belitung tidak luput dari beredarnya isue di pesan Media Sosial Whatsapp yang menyatakan Walikota Pangkalpinang bersama Satpol PP dan Satgas Covid-19 dengan akan merazia para siswa – siswi yang berkeliaran di tempat-tempat keramaian.

Dalam hal ini, Walikota Pangkalpinang ketika di konfirmasi Inderanews mengatakan bahwa informasi tersebut tidak benar alias Hoaks. Kamis (03/09/2020).

“Informasi yang beredar di pesan Whatsapp itu adalah tidak benar,” kata Molen.

Lanjutnya, langkah Pemkot Pangkalpinang dalam mengantisipasi penyebaran hoaks dengan cara menyampaikan yang sebenarnya kepada masyarakat melalui media.

“Menyampaikan yang sebenarnya kepada masyarakat melalui rekan-rekan media juga,” sapa Molen.

Dari Investigasi Inderanews melalui data yang diperoleh dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mencatat hingga 8 Agustus 2020 sebanyak 1.028 hoaks tersebar di berbagai platform media sosial terkait disinformasi tentang virus corona (Covid-19).

Berikut isi informasi yang beredar di pesan media Whatsapp :

“Assalamualaikum wr wb.
Bp ibu mohon untuk memberitahukan kepada putra putrinya mulai besok pagi dilarang berkeliaran diluar rumah atau berkerumun ditempat2 keramaian karena bapak Wali kota bersama satpol PP dan Satgas Covid 19 akan Razia keliling dg membawa mobil GDS/ Gerakan Disiplin Siswa. bagi yg terjaring akan diangkut di mobil untuk dikarantina , wali murid dan gurunya akan dipanggil juga, Razia masker bagi yg tidak memakai masker disuruh menyemprot lingkungan radius 1000 meter . Mohon untuk di Share di Paguyuban hari ini juga. Terima kasih. Wassalamu’alaikum wr.wb”. (Gusnadi)

Informasi Yang Diduga Hoax

Leave A Reply

Your email address will not be published.