Indera News
Identifikasi, Explorasi & Rasional

- Advertisement -

Polair Basel Amankan Kapal Cepat Bill Fish

0 61

Inderanews, Toboali, Satuan Polairud, Polres Bangka Selatan berhasil mengamankan satu unit kapal cepat, Bill Fish dengan enam mesin 300 PK yang sedang labuh jangkar di perairan Harang layang, Toboali, Kabupaten Bangka Selatan, Rabu (26/8/2020) malam.

Penangkapan yang diback up oleh Dit Polairud Polda Babel dan dipimpin Kasubdit Gakum Kompol Ade Zahra. Saat itu Polairud sedang patroli dan menemukan kapal yang mencurigakan tersebut sedang labuh jangkar di perairan Harang Layang, Toboali.

“Karena dicurigai kapal tersebut membawa barang-barang ilegal, tim gabungan langsung menghampiri kapal tersebut dan dilakukan pemeriksaan muatan kapal dan dokumen kapal atau dokumen perjalanan lautnya,” ungkap Kasat Polair Polres Basel, Iptu Slamet Riyadi seizin Kapolres AKBP Agus Siswanto, pada Kamis (27/8/2020).

Iptu Slamet juga menerangkan, pada saat itu tim menemukan 6 ABK dan 1 kapten kapal. Menurut kapten kapal, mereka berangkat dari Batam dengan tujuan Jakarta untuk perbaikan mesin atau servis.

“Namun karena kendala kerusakan mesin dan GPS error, sehingga menyasar ke Pulau Bangka dan labuh jangkar di perairan Harang layang Toboali,” tuturnya.

Dari hasil pemeriksaan muatan kapal tersebut, pihaknya tidak menemukan ataupun membawa barang-barang yang dapat dicurigai sebagai barang ilegal.

“Muatan kapal tersebut dengan keadaan kosong, sedangkan untuk kelengkapan surat-surat kapal tidak ada. Jadi BB kami amankan di pelabuhan Jeti Suka Damai, Toboali,” ungkapnya.

“Dan rencananya besok akan kita bongkar ruang bawah kapal siapa tau didapati barang barang yang dicurigai,” imbuh Iptu Slamet.

Hingga saat ini, tujuh orang awak kapal sedang menjalani pemeriksaan oleh Tim penyidik Dit Polairud Polda Babel di ruang Sat Polairud Polres Basel. (Putra Ardiansyah)

Leave A Reply

Your email address will not be published.