Indera News
Identifikasi, Explorasi & Rasional

- Advertisement -

Hutan Jernang Memikat Hati Para Pengunjung

0 526

INDERANEWS, BANGKA SELATAN -Hutan yang terletak di Dusun Jernang Desa Batubetumpang, Kecamatan Pulau Besar Kabupaten Bangka Selatan, disulap oleh sekelompok pemuda menjadi destinasi wisata baru di Kecamatan itu.

Di kawasan hutan yang bahkan oleh sebagian orang menganggapnya sebagai suatu tempat yang menyeramkan, namun kini berubah. Menjelma jadi tujuan wisata baru bagi warga sekitar dan masyarakat lainnya untuk menikmati suasa alam.

Hal ini berkat kepedulian dan campur tangan sekelompok anak muda yang ada di kecamatan itu yang menginginkan kemajuan daerahnya dengan pariwisata.

Suham selaku ketua kelompok mengatakan, berdirinya wisata baru yang diberi nama Wisata Hutan Jernang berangkat dari kegelisahan dirinya saat mengikuti diklat di Desa Suka Jaya Kecamatan Pulau Besar yang diikuti oleh beberapa kecamatan yang ada di Kabupaten Bangka Selatan.

“Saat kami mengikuti diklat, kecamatan lain membahas masalah wisata, sementara kami dari kecamatan Pulau Besar hanya jadi pendengar saja. Setelah selesai diklat kami pemuda dari kecamatan Pulau Besar berdiskusi dan sepakat untuk membuat wisata hutan yang kami saat ini kami beri nama Wisata Hutan Jernang,” kata Suham kepada Inderanews.Com, Sabtu, 18/07/2020.

Ia mengatakan, biaya pembuatan wisata tersebut dari hasil iuran anggota, bantuan dari masyarakat dan juga hasil dari mengambil upah di kebun milik orang lain.

“Kalau biaya kami ngambil upah di kebun orang. Dari hasil itu baru kami gunakan untuk membeli bahan-bahan untuk pembuatan wisata ini. Selain itu juga ada bantuan dari kepala Desa Fajar Indah dan juga Kepala Desa Sumber Jaya Permai, serta pak Camat Pulau Besar,” ujarnya.

Dikatakannya, saat ini Wisata Hutan Jernang meskipun belum selesai 100 persen, namun sudah mulai dikunjungi oleh masyarakat bahkan juga sudah ada yang menggunakannya untuk prewedding.

“Alhamdulillah saat kita upload di media sosial facebook, dan juga ada pengunjung yang mengupload di youtobe, pengunjung sudah mulai berdatangan. Dan beberapa wajtu yang lalu disini juga digunakan untuk prewedding,” jelasnya.

Ia mengatakan, saat ini pihaknya masih membangun beberapa spot foto untuk menarik pengunjung datang ke Wisata Hutan Jernang.

“Saat ini kita masih proses pembuatan beberapa spot foto. Karena kita keterbatasan uang, jadi butuh waktu untuk menyelesaikannya. Alhamdulillah sampai hari ini teman-teman masih tetap semangat untuk membuat wisata ini,” katanya.

Ia berharap semoga ke depannya, wisata ini akan menjadi pilihan wisatawan yang datang ke kecamatan Pulau Besar, Kabupaten Bangka Selatan.

“Semoga kedepan wisata ini menjadi wisata pilihan masyarakat sekitar dan masyarakat luar. Dan kami berharap ada perhatian dari pemerintah agar kami bisa mengembangkan wisata Hutan Jernang ini menjadi lebih baik lagi kedepannya,” harapnya. (Putra Ardiansyah )

Leave A Reply

Your email address will not be published.