Indera News
Identifikasi, Explorasi & Rasional

- Advertisement -

PON XX Papua 2020 Ditunda, Atlet Bangka Belitung Masih Pelatda

0 86

INDERANEWS, PANGKALPINANG, Terkait penundaan ajang PON XX Papua yang belum ditentukan kapan jadwal barunya Ketua KONI Bangka Belitung Elpandi Rabu (15/4/2020) mengatakan hingga saat ini pemusatan latihan daerah (Pelatda) atlit Bangka Belitung masih berjalan.

Pihak KONI Bangka Belitung masih menunggu surat resmi dari Kemenpora terkait penundaan PON XX Papua dan jadwal revisinya.

“Iya betul masih berjalan kita harus liat juga penundaan PON sampe kapan,” kata Elpandi

Menurut Elpandi setelah menerima surat resmi sampai kapan PON XX Papua ditunda barulah pihaknya akan mengambil langkah langkah terkait persiapan atlit Bangka Belitung yang saat ini mengikuti Pelatda.

Jika waktunya pergeseran atau penundaannya tidak terlalu jauh dari jadwal awal maka pelatda akan tetap berjalan.

Namun jika jaraknya terlalu jauh maka akan dilakukan penghentian sementara pelatda Bangka Belitung. Maka dari itu tetap akan menunggu pemberitahuan resmi dari Kemenpora.

“Ada rencana opsi pertama tetap dilaksanakan dengan pelatda berjalan sedangkan opsi kedua di hentikan sementara tapi masih menunggu keputusan resmi,” kata Elpandi

Dikutip dari tribunnews.com kemarin Komisi X DPR dan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menyepakati penundaan pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX/2020 di Papua. Keputusan tersebut diambil saat rapat kerja antara Kemenpora dan Komisi X DPR yang digelar secara virtual, Jakarta, Selasa (14/4/2020).

Menpora, Zainudin Amali

Ada sejumlah alasan mengapa pelaksanaan PON XX yang seharusnya digelar pada 20 Oktober-2 November 2020 harus ditunda.

Pertama, hingga saat ini belum ada tanda-tanda virus covid-19 akan berakhir dan akhirnya mengganggu seluruh tahapan persiapan.

Pengadaan alat olahraga yang seharusnya tahapan pelaksanaan lelang dilakukan pada bulan ini dan tuntas pada Juni-Juli 2020, tidak bisa dilaksanakan.

Kesiapan atlet mengalami gangguan, termasuk kesiapan venue cukup berat karena di Papua sudah dilakukan pembatasan sejak sebulan lalu.

Dengan kondisi saat ini, bukan hanya PON XX, tetapi Kemenpora memperkirakan hingga Juli 2020 tidak ada event olagraga nasional maupun internasional apapun.

Jika kondisi segera membaik, event olahraga nasional dan internasional diharapkan bisa mulai digelar secara bertahap pada Agustus-Desember 2020.

Seluruh kegiatan diharapkan kembali normal pada 2021 dengan konsekuensi waktunya saling berdekatan, mulai dari ASEAN Para Games di Filipina, PON dan Peparnas 2021 di Papua, Piala Dunia FIFA U-20, ASEAN School Games 2021 di Filipina, Olimpiade dan Paralimpik Tokyo 2020, SEA Games di Hanoi, POPNAS dan PAPERPENAS 2021, serta MotoGP 2021 di Mandalika. (Riky Irawan)

Leave A Reply

Your email address will not be published.